Destinasi Pantai Sumatera Utara

Destinasi Pantai di sumatera Utara

Sumatera Utara, merupakan provinsi dengan penduduk terbanyak di Indonesia nomor 4 setelah Jawa Barat, Jawa Timur, Dan Jawa Tengah.
Pembagian wilayah di provinsi ini sangat luas sehingga terdapat banyak sekali budaya dan hiburan yang berkembang di Sumatera Utara.
Tidak hanya itu, pemerintah setempat pun gencar meningkatkan pariwisata unggulan yang ada di Sumatera Utara seperti Danau Toba yang dibangung akses bandara langsung. Dan meningkatkan pariwisata lain di sekitar kawasan Toba.

Tidak hanya itu, Destinasi pantai di Sumatera Utara pun mendapat banyak perhatian dari pemerintah setempat.
Walaupun kondisi air laut tidak sejernih dan sebagus Pulau Jawa, Pantai di Sumatera Utara tetap menjadi objek wisata pilihan masyarakat.
Sejumlah pantai baru dibuka dan pantai yang sudah lama di tingkatkan fasilitas pendukungnya seperti insfratruktur jalan menuju pantai dan sebagainya.
Beberapa rekomendasi destinasi pantai di Sumatera Utara yang wajib kamu kunjungi akan di bahas pada kesempatan ini.


Destinasi Pantai Sumatera Utara

1. Pantai cermin

destinasi pantai sumatera utarapantai cermin
detiksumut/google foto

Meskipun geografis pantai dan kondisi air laut tidak sebaik di Pulau jawa, para wisatawan dan pengunjung tidak ada habis nya mendatangi destinasi pantai satu ini. Ya pantai cermin, banyak masyarakat tentu sudah mengenal pantai satu ini.
pantai ini terletak di Dusun Pantai Cermin Kanan, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Begadai, Sumatera Utara.

Berbagai macam aktifitas bisa dilakukan di pantai ini, seperti berenang, berjemur, berjalan jalan di sepanjang pantai, piknik bersama keluarga, dan berbagai aktifitas lainnya.
Tersedia pula saung saung atau pondok kecil untung beristirahat, dan terdapat banyak pedagang yang berkeliling menjajahkan makanan ada pula restoran yang dibangun di area pantai ini.
Jadi untuk kamu yang mau mengunjungi pantai ini, fasilitasnya sudah sangat lengkap ya.
Biaya masuk ke pantai ini pun relatif murah kamu hanya perlu membayar tarif sebesar Rp. 10.000/motor dan Rp. 30.000/ mobil.

Untuk sampai ke pantai cermin kamu hanya perlu menempuh waktu 2 jam dari pusat kota Medan.


Baca Juga: Destinasi Pantai Jawa Barat

2. Pantai Gudang Garam

pantai gudang garam destinasi pantai sumatera utara

Pantai yang terletak di Desa Kotapari, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara.
Mendengar nama pantai ini seperti tidak asing di telinga kalian, seperti nama sebuah produk rokok yha, tapi pantai ini tidak ada hubungan sama sekali dengan perusahaan rokok tersebut.
Diberikan nama Gudang Garam karena mayoritas masyarakat disana berprofesi sebagai petani garam. Namun sekarang ini sudah banyak beralih fungsi dengan objek wisata pantai yang marak berkembang di daerah ini.

Seperti pada pantai lainnya kondisi pantai Gudang Garam pun memiliki air yang tidak jernih, hanya pasir berwarna kecokelatan yang membentang sepanjang bibir pantai.
Terdapat banyak pondok pondok kecil di kawasan pantai ini, yang disewakan oleh pengurus setempat kepada wisatawan yang datang.
Bisa dimanfaatkan untuk beristirahat ataupun berpiknik menikmati suasana pantai dengan tiupan angin lembut.

Fasilitas di pantai ini juga lumayan lengkap mulai dari toilet umum, tempat ibadah dan ada pula permainan banana boot yang menambah keseruan bermain di pantai.


Destinasi Pantai Sumatera Utara

3.Pantai Pondok Permai

Pantai yang sangat terkenal di Sumatera Utara berikutnya adalah Pantai Pondok Permai, destinasi wisata pantai yang selalu menjadi tujuan warga medan dan sekitarnya ini terletak di Desa Kotapari, Kecamatan pantai cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara.
Pondok permai memiliki area seluas 10 hektar dan sudah mendapat fasilitas penunjang dari pemerintahan setempat, dibangunnya akses jalan yang memadai dan pengolahan pantai yang baik, membuat pantai ini terus bertambah ramai akan pengunjung.

Fasilitas dari pantai ini pun sangat lengkap mulai dari bangunan restoran yang di bangun di pinggir pantai langsung dengan jembatan kayu sebagai penghubungnya. Tempat karaoke live music, makana seafood dengan masakan khas ala pantai, menjadi primadona tersendiri di sini.
Pohon besar yang rimbun menambah kesejukan pantai ini, Berbagai aktifitas penungjang seperti banana boot dan wahana air tersedia di ssini. kalian bisa menyewa kapal kecil dari warga setempat untuk berkeliling di sekiatr pantai.

Biaya masuk ke pantai ini juga masih relatif murah, cukup membayar tarif parkir sebesar Rp. 5.000/motor dan untuk mobil Rp. 10.000/mobil.

Baca juga: Destinasi Pantai Jawa Timur


4. Pantai Bali Lestari

Pantai berikutnya adalah Pantai Bali Lestari, Destinasi pantai dibuat dengan vibes bernuansa seperti Dewata Bali.
Banyak aksen dan ornamen khas Bali dipamerkan di beberapa sudut pantai ini, membuat pantai ini beda dari yang lainnya.
Sesuai seperti namanya, begitu pengunjung sampai di sini kamu akan langsung merasakan suasana Bali, di sambut dengan pintu masuk berbentuk gapura dan bernama angklung angklung yang banyak di jumpai di bangunan khas Bali.

Sesampainya di sini, kamu langsung bisa berfoto di pintu masuk utama, karena dibuat untuk spot foto yang bagus. Pohon di sekitar pantai pun ditutup dengan kain poleng, yaitu kain bermotif catur atau kotak hitam putih. beberapa ornamen dinding memiliki ikon khas bali.
Untuk pengunjung yang hadir apabila tidak ingin bermain wisata air, bisa juga menikmati suasana pantainya saja, terdapat restoran seafood yang menghidangkan makanan lezat, dengan tempat yang dibuat sangat nyaman.

Biaya masuk ke pantai ini kamu cukup membayar tiket masuk Rp. 10.000/orang, dan biaya untuk parkir sebesar Rp. 5.000/motor dan Rp. 10.000/mobil.


5. Pantai Cemara kembar

destinasi pantai sumatera utara
detiksumut/google foto

Baca Juga: Destinasi Pantai indonesia

Destinasi Pantai Sumatera Utara yang terakhir adalah pantai cemara kembar, bosan dengan pantai yang gitu gitu aja di medan?
Kamu bisa coba datang ke pantai ini, suasana dan fasilitas di pantai ini dibangun dengan sangat luar biasa oleh pengelola setempat.
Pantai yang masih termasuk baru karena dibuka di tahun 2016, Namun mendapatkan atensi yang luar biasa dari masyarakat Sumut dan sekitarnya.
Dengan pengelolaannya yang bagus, pantai ini terlihat sangat bersih dan nyaman, tidak banyak sampai bertebaran dan pepohonan di pantai pun menambah kesejukan bagi wisatawan.

Masuk ke pantai ini kamu cukup membayar Rp. 40.000, namun dengan biaya tersebut kamu sudah mendapatkan pondok yang disediakan dan gratis pula bermain wahana.
Restoran di pantai cemara kembar pun menyajikan makanan dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp. 30.000 – Rp. 100.000 saja.

Terdapat pula paket wisata berkeliling pantai untuk mengenal budaya, makanan, dan aktifitas pantai lainnya, dengan membayar Rp. 10.000/orang.
fasilitas penunjang lainnya adalah toilet, tempat ibadah, gazebo, pondok, dan banyak spot spot foto yang di hiasi dengan ornamen pantai.
pokoknya kamu akan terkagum dengan suasana dan fasilitas dari pantai cemara kembar.


Itulah beberapa pilihan destinasi pantai di Sumatera Utara yang bisa kamu kunjungi, tinggal pilih mau ke pantai yang mana atau bisa juga mengunjungi beberapa pantai dalam sehari. Siapkan peralatan bermain pasir kamu dan baju ganti ya, langsung deh berangkat ke pantai favorit kamu.
berwisata pantai bersama keluarga bisa menaikan mood dan mengurangi stres kamu lho dari hiruk pikuk perkotaan.