Destinasi Pantai Kepulauan Riau

Destinasi pantai di kepulauan Riau sangat lah beragam tidak hanya menarik wisatawan lokal dari berbagai daerah. Namun, dengan keindahannya bahkan mampu menarik wisatawan dunia untuk berkunjung ke destinasi pantai di Kepulauan Riau.

destinasi wisata pantai di kepulauan riau

Kepri atau kepulauan Riau merupakan salah satu dari 10 Provinsi yang ada di Pulau Sumatera. Dan berbatasan langsung dengan negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dan Vietnam. Ibu Kota provinsi kepulauan Riau adalah Kota Tanjungpinang.

Provinsi kepulauan riau merupakan gerbang masuknya wisatawan dari mancanegara nomor dua setelah Pulau Bali. Objek wisata di Kepulauan Riau sangat beragam seperti cagar budaya, makam-makam bersejarah, tarian tradisional serta event-event besar lainnya.
Tidak hanya itu saja objek wisata yang juga terkenal di Kepulauan Riau yaitu Destinasi pantai nya dengan alam dan panorama yang menakjubkan wisatawan banyak datang ke kepulauan Riau untuk melihat dan merasakan langsung suasana pantai.

Pada kesempatan ini destinasipantai akan mengulik sejumlah pantai yang menawan di Kepulauan Riau.

Destinasi Pantai Kepulauan Riau

1. Pantai Pelawan

Kita awali pembahasan destinasi wisata pantai mulai dari Pantai Pelawan, pantai cantik nan eksotis ini pasti akan menghipnostis kamu saat sampai di tempat ini. Bagaimana tidak hamparan pasir putih yang membentang luas dan bersih membuat siapa saja pasti senang bermain disini.

Terdapat pula bebatuan besar di sepanjang pantai serta hijaunya hutan mangrove menambah daya tarik pantai. Destinasi pantai pelawan juga banyak dikungjungi oleh wisatawan mancanegara khususnya Singapura dan Malaysia. Para Turis senang menghabiskan waktu libur mereka di Pantai ini di karenakan pemandangan alam dan pantai nya yang sangat luar biasa.

Fasilitas pendukung lainnya di tempat ini pun sangat baik, terdapat banyak kedai atau warung yang dibangun oleh warga sekitar dan menjual berbagai jenis makanan. Bisa sambil menikmati makanan dan bersantai di pondok pondok yang disediakan pantai. Untuk bermain wahana air di Pantai ini juga kamu bisa menyewa banana boat.

  • Lokasi : Desa pangke barat, Kecamatan meral barat, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau
  • Tarif Masuk : tiket Rp. 5.000 – Rp. 15.000/orang

Destinasi Pantai kepulauan riau

berikutnya

2. Pantai Sisi

Destinasi pantai berikutnya adalah Pantai Sisi, Pantai eksotis dan mempesona dengan pasir putih yang membentang sepanjang 7 kilometer.
Air luat yang jernih serta deburan ombaknya kian menambah betah berlama lama di pantai ini, pasalny kalian bisa melalukan kegiatan Surfing dengan ombaknya yang bagus dan cocok banget untuk bersurfing. Kalian yang suka menikmati keindahan bawah laut bisa juga snorkeling di pantai satu ini.

Bahkan menjadi salah satu tempat untuk snorkeling terbaik di kepulauan riau, terjaganya kelestarian lingkungan dan tidak adanya penggunaan alat berbahaya saat menangkap ikan membuat alam bawah laut dan biota lautnya sangat terjaga dan sangat memikat hati para snoker.
Banyak terumbu karang yang cantik, anemon yang terlihat seperti sedang berdansa, serta ikan ikan kecil masih sangat banyak dipantai ini.

Untuk kamu yang sekedar ingin bersantai menikmati suasana pantai saja, disarankan membawa makanan kamu sendiri dari luar ya.
Masih sangat sedikit pedagang yang berjualan di pantai ini, Namun jika untuk duduk dan berteduh sudah dibangun beberapa gazebo.
Datang diwaktu sore hari juga merupakan pilihan yang tepat karena kamu bisa melihat bertapa menakjubkannya pemandangan saat momen sunset di pantai ini, langit yang berubah menjadi orange kemerahan dengan bentangan langit luas disertai suara deburan ombak. Kombinasi pemandangan alam yang tidak pernah terlupakan.

  • Lokasi : Kecamatan serasan, Kabupaten Natuna.
  • Tarif masuk : ,-

3. Pantai Lagoi

pantai lagoi, destinasi wisata pantai kepulauan riau.

Baca juga : Destinasi Pantai Sumatera Barat

Pantai Lagoi merupakan destinasi wisata pantai andalan Pulau Bintan, Tanjung Pinang, Kepulauran Riau.
Banyak sekali wisatawan lokal dari berbagai daerah dan dari mancanegara mengunjungi pantai ini. Keindahan alam yang disuguhkan tidak perlu diragukan lagi. Hamparan pasir putih yang luas dipadukan dengan air laut yang biru jenih. Serta banyaknya pepohonan hijau seperti pohon cemara dan pohon kelapa disepanjang pantai pasti akan memanjakan mata para pengunjung.

Dengan pengelolaan yang baik serta kesadaran masyarakatnya pula pantai ini menjadi sangat bersih dan terawat. Sejumlah tenant berjualan berjejer rapi pada satu spot yang memang sengaja dibuat agar tertata dengan baik. Berbagai fasilitas pun dihadirkan di pantai ini Seperti tempat bilas dan berganti pakaian, Restoran dan resort yang nyaman. Hingga terdapat Pos penjaga pantai yang siap siaga memantau situasi di pantai.

Bagi kalian yang ingin membeli buah tangan saat pulang berlibur. Bisa juga membeli di toko souvernir yang bisa ditemui disepanjang pantai. Terdapat pula tempat penyewaan alat pancing bagi yang ingin mencoba sensasi memancing di pantai Lagoi.

Untuk sampai di Pantai Lagoi. Kamu harus menempuh jarak sejauh 65 km dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 30 menit dari pusat Kota Tanjung Pinang.

  • Lokasi : Sebong Lagoi, Kec. Teluk Sebong, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau
  • Tarif Masuk : Gratis,-

4. pantai Nongsa

Baca Juga : Destinasi Pantai Sumatera Utara

Destinasi pantai berikutnya adalah pantai Nongsa, Merupakan bagian dari Nongsa Point Marina Resort.
Warga Kota Batam pasti sudah tidak asing dengan pantai ini, ya pantai nongsa merupakan salah satu destinasi pantai kebanggaan kota batam. Dengan panorama alamnya yang luar biasa bahkan dari pantai bisa kita bisa melihat sekilas Negara Singapura.

Pasir pantai putih halus dan ombak pantai yang tenang membuat pantai ini banyak di datangi wisatawan. Banyak dari wisatawan yang hanya ingin berjalan di sepanjang menikmati tiupan angin serta banyak nya pohon menambah kesejukan, Dan biasanya dijadikan tempat berjemur yang tenang pula.

Melihat sunset dari pantai ini pun sangat sempurna sambil menikmati pantai yang tenang dengan warna langit yang berubah secara perlahan sungguh merupakan pengalaman yang tidak terlupakan. Dan apabila sudah menjelang malam, keindahan lampu dari Kota Singapura akan terlihat jelas dan memperindah pemandangan dari Pantai Nongsa.

  • Lokasi : Kelurahan Sambau, Kecamatan Batam Timur, Kota Batam 
  • Tarif Masuk : ,-

Baca juga : Destinasi pantai Indonesia

5. Pantai Batu Kasah

pantai batu kasah, destinasi wisata pantai kepulauan riau.

Yang terakhir dari destinasi pantai kepulauan Riau adalah pantai batu kasah. Pantai cantik dan mempesona dengan bebatuan besar yang menambah keindahan pantai. Merupakan pantai yang wajib dikungjungi apabila kalian berwisata ke Natuna.

Sesuai namanya daya tarik utama dari pantai ini adalah jajaran bebatuan kasah yang berada di pantai, yang dipercaya dulunya dipakai untuk mengasah peralatan berperang. Air yang jernih berwarna hijau kebiruan pun menjadi kombinasi yang luar biasa untuk pantai ini.
Sampai saat ini pantai batu kasah adalah objek wisata yang paling ramai dikunjungi di Natuna.

Berbagai fasilitas pun sangat menunjang tempat ini. Mulai dari jalan menuju pantai yang bagus, toilet umum, tempat ibadah, Gazebo untuk bersantai, dan kalau lapar bisa datang ke warung yang tersedia.
Bagi para pengunjung menikmati sunset di pantai batu kasah adalah pengalaman yang tidak bisa dijumpai di pantai manapun. Karena ketenangan dan keasrian alam yang di tawarkan tidak bisa dijumpai pada pantai lain.
Sejauh mata memandang dari pantai ini yang terlihat hanyalah laut yang indah. Dengan deburan ombak dan pepohonan hijau yang bergoyang tertiup angin.

  • Lokasi :  Cemaga Tengah, Kec. Bunguran Sel., Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau 29783, Indonesia
  • Tarif Masuk : ,-

Sekian pembahasan dari Destinasi Pantai di Kepulauan Riau tentunya masih banyak pantai dan objek wisata lainnya di Kepulauan Riau yang bisa dieksplor. Dan dengan keindahan alamnya yang masih asri destinasi wisata di kepulauan riau tidak kalah bagusnya dengan destinasi lainnya kan. Semoga pembahasan diatas bisa menjadi referensi liburan untuk kamu.