Destinasi pantai sulawesi barat

sulawesi barat dengan segudang tempat wisata nya. Salah satu wisata baharinya yaitu Destinasi pantai di sulawesi barat yang banyak di kunjungi atau bahkan menjadi tujuan bagi wisatawan lokal dan mancanegara, dengan berbagai keindalan alamnya.

pantai dato, destinasi pantai di sulawesi barat

Sulawesi barat menjadi provinsi yang cukup banyak menyimpan sejumlah potensi wisata dan budaya. Namun memang kurang di promosikan dan di ekspos oleh media dan orang luar. Jadinya banyak yang tidak tau bertapa mengesankannya destinasi pantai di sulawesi barat. Pada kesempatan kali ini destinasi pantai akan memberikan kalian beberapa informasi seputar pantai yang bisa kalian temui di sulawesi barat.

Sejumlah potensi yang sangat kaya akan keindahan alamnya dan kelestariannya. Sejumlah upaya sudah mulai dikerjakan oleh pemerintahan setempat guna mendongkrak sektor pariwisata di sulawesi barat. Akses jalan utama yang di perbagus, sejumlah fasilitas umum yang memadai dan lain sebagainya.

Berikut daftar pantainya.

Destinasi pantai di sulawesi barat

1. Pantai bahari

Destinasi pantai di sulawesi barat yang pertama yaitu pantai bahari, pantai yang menjadi favorit bagi warna polewari mandar sulawesi barat.
Objek wisata ini tidak pernah sepi dari pengunjung mau itu hari biasa apalagi di hari libur pantai ini berubah menjadi lautan manusia.

Dengan dukungan dari pemerintahan setempat pantai ini tertata dengan cukup rapi dengan sejumlah fasilitas untuk pejalan kaki yang nyaman.
Yang menjadi ikon pantai yaitu tulisan Kota Polewali yang di buat berwarna warni menjadi salah satu spot berfoto yang bagus dengan latar belakang pantai. Lampu jalan juga dibangun di sni artinya saat malam hari tidak akan terlalu gelap.

Karakteristik dari pasir pantai nya sendiri pun merupakan pasir pantai yang berwarna kecokelatan dan membentang di sepanjang bibir pantai.
Banyak aktifitas bisa dilakukan pengunjung di pantai ini, seperti berenang, bermain pasir, tersedia penyewaan ban pula bagi yang ingin bersantai, dan ada juga penyewaan kapal kayu kecil yang bisa dipakai pengunjung untuk berkeliling di sekitar area pantai.

Fasilitas penunjang untuk beristirahat bagi pengunjung juga disediakan di pantai ini, terdapat beberapa gazebo atau pondok kecil atau pengunjung juga bisa menggunakan payung pantai yang lebar untuk berteduh di pinggir pantai. Sejumlah pedagang juga banyak berjualan di pantai ini, pedagang biasanya akan berkeliling menawarkan dagangannya kepada pengunjung, baik itu makanan hingga souvenir khas pantai bahari.

  • Pantai Bahari berada tepat di pusat Kota Polewali, Ibu Kota Kabupaten Polewali Mandar.
  • Tarif masuk : berbayar dengan harga berbeda

2. pantai dato

Destinasi pantai sulawesi barat dengan segala pesona alamnya

Destinasi pantai di sulawesi barat berikutnya yaitu pantai dato. Pantai yang menjadi kebangaan warga kabupaten majene, sekaligus sebagai tempat wisata yang selalu ramai akan wisatawan setiap akhir pekan. Karakter pasir pantai yang putih dan membentang luas dengan air laut yang tenang menjadi kan pantai ini salah satu favorit untuk bersantai sejenak dari perkotaan.

Selain area pasir di pantai ini. Ada satu bagian dari pantai yang menjadi ikon yaitu tebing batu karang yang dicapai dengan melewati jembatan kayu yang disediakan. Tebing batu karang yang besar dan menghadap langsung ke pantai, menjadi tempat yang banyak di datangi di pantai ini. Bagaimana tidak dari ketinggian tebing kalian bisa melihat dengan lebih jelas indahnya pantai dengan tiupan angin yang berderai kencang.

Tebing batu ini pun menjadi salah satu spot foto bagi para wisatawan. Apalagi menjelang sore hari dari pantai dato kita bisa menikmati suasana sunset yang luar biasa. Hamparan langit luas dengan warna yang kemerahan diiringi suara dari ombak pantai. Merupakan momen yang mahal dan berharga bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai dato di sulawesi barat.

  • Pantai Dato berada di Dusun Pangale, Kelurahan Baurung, Kecamatan Banggae Timur, kabupaten majene, sulawesi barat.
  • tarif masuk : ,-

3. Pantai Lombang Lombang

destinasi pantai di sulawesi barat

Hembusan angin dan suara ombak yang tenang. Itulah yang kalian rasakan saat berada di destinasi pantai di sulawesi barat satu ini.
Pantai lombang lombang, objek wisata yang ramai di kunjungi wisatawan. Dengan pesona alam yang luar bisa, gugusan bibir pantai yang membentang sejauh mata memandang di temani dengan pepohon kelapa yang tumbuh subur di sekitar area pantai menambah ke eksotisan dari pantai lombang.

Baca juga : Destinasi pantai Sulawesi Tengah

Karakter pasir pantai yang cenderung berwarna kehitaman namun sangat halus sangat digemari wisatawan untuk berjemur atau sekedar berjalan-jalan menyusuri area pantai. Fasilitas di pantai ini juga lumayan lengkap mulai dari gazebo untuk bersantai hingga beberapa wahana air seperti banana boat dan penyewaan perahu kecil semua tersedia di pantai ini.

Selain menikmati suasana pantai yang menawan wisatawan juga bisa melihat aktivitas dari para nelayan lokal yang sedang menangkap ikan di laut lepas pantai lombang. Banyak nelayan yang menyandarkan perahunya di pinggir pantai untuk istirahat sejenak atau pulang untuk menjual langsung hasil tangkapan mereka. Tidak jarang pengunjung yang datang pun membeli langsung hasil tangkapan dari para nelayan, selain harganya yang lebih murah kualitasnya sudah tidak diragukan lagi.

Satu hal lagi yang tidak boleh di lewatkan oleh pengunjung yaitu pesona sunset dari pantai ini, panorama langit kemerahan yang disuguhkan pantai ini akan menghipnotis siapa saja yang datang berkunjung.

  • Address: C2HM+4C8, Sinyonyoi, Kalukku, Mamuju Regency, West Sulawesi 91561, Indonesia
  • Tiket masuk : ,-

4. Pantai Wae Tumbur

pantai wae destinasi wisata pantai di sulawesi barat

tertarik membaca : Destinasi Pantai Sulawesi Tenggara

Destinasi pantai di sulawesi barat yang terakhir kita ulas adalah pantai wae tumbur, merupakan destinasi pantai yang banyak di kunjungi wisatawan namun dengan pesona yang berbeda dari pantai lainnya. Area dari pantai wae adalah hamparan hutan bakau yang luas.

Sejumlah fasilitas di bangun di area pantai ini, Seperti sebuah spot yang di bangun dengan bentuk hati. Dengan jembatan yang dibuat dengan berwarna warni dan juga saling berhubungan serta menembus langsung ke dalam hutan bakau. Menjadi spot yang banyak di kunjungi wisatawan karena setelah berjalan di area hutan bakau. Pengunjung akan berakhir di ujung jembatan yang menghadap langsung ke pantai, sekaligus menjadi spot foto yang bagus dengan latar belakang pantai.

Tidak hanya itu, sejumlah pedagang juga ramai berjualan di tempat ini, banyak pedagang yang menjual makanan, baju, hingga souvenir khas pantai. Pengunjung bisa menemui makanan khas yang di jual pedagang lokal di sini, seperti jepa, bau peapi, dan ubi kukus yang dicampur dengan kacang hijau.

Melihat pemandangan sunset juga merupakan salah satu andalan dari pantai ini. Kebanyakan wisatawan akan berada di atas jembatan apabila menjelang sore hari. Hamparan pasir dan air laut yang tenang dan memantulkan panorama langit yang kemerahan. Menjadikan momen yang berkesan apabila berkunjung ke pantai satu ini.

Itulah beberapa destinasi pantai di sulawesi barat yang bisa kalian kunjungi dan nikmati pesona alamnya. Sulawesi barat masih menyimpan sangat banyak potensi pesona alamnya, kita sebagai wisatawan atau pengunjung alangkah baiknya menikmati dan menjaga dengan baik kelestarian alam dari sulawesi barat.