Destinasi Pantai Sulawesi Utara

Sulawesi utara dengan sejumlah potensi alamnya yang luar biasa pasti nya sudah banyak mendatangkan wisatawan dari seluruh wilayah Indonesia dan juga menjadi destinasi wisata bagi wisatawan dunia. Potensi dari sulawesi bukan hanya adat dan budayanya namun wisata bahari seperti destinasi pantai di sulawesi utara juga sangat menakjubkan dan menghipnotis wisatawan yang berkunjung.

destinasi pantai di sulawesi utara

Sulawesi utara adalah salah satu provinsi di ujung utara pulau sulawesi dengan ibu kotanya adalah kota Manado. Merupakan provinsi dengan sangat banyak budaya dan kesenian di dalamnya bahkan sejumlah penemuan prasejarah juga bisa di temukan diwilayah sulawesi utara ini. Sulawesi utara juga sangat terkenal dengan sejumlah makanan unik nya yang berbeda dari wilayah lainnya di indonesia. Seperti misalnya olahan dari daging anjing yang biasa disebut Rintek wuuk, ada juga daging ular, daging babi, dan juga paniki atau daging kelelawar. Sungguh keragaman yang terdapat indonesia sangat luar bisa.

Sulawesi utara juga menyimpan sejumlah potensi wisatanya mulai dari wisata religi, wisata sejarah dengan sejumlah tempat bersejarah bekas peninggalan penjajahan belanda ataupun penemuan dari ilmuan tentang sejarah pada zaman purba bisa kalian kunjungi di sulawesi utara. Sejumlah wisata alam seperti gunung , danau, taman purbakala, dan juga pantai.

Pada kesempatan kali ini destinasi pantai akan memberikan informasi dari destinasi pantai di sulawesi utara yang harus kamu tau potensinya. Atau bahkan bisa diperkenalkan ke dunia bahwa destinasi pantai berikut berada di Sulawesi Utara, Indonesia.

Destinasi pantai di sulawesi utara dan segala potensinya

1. Pantai Paal

destinasi pantai di sulawesi utarapantai paal

Destinasi pantai di sulawesi utara kita mulai dari pantai paal. Pantai yang begitu pengunjung sampai akan langsung terkagum dengan keindahan alamnya yang memanjakan mata. Karakter pasir pantai yang putih halus dan terjaga kebersihannya oleh warga sekitar dan membentang di seluruh bibir pantai. Di padukan dengan air laut yang jernih dan berwana hijau keburan, sungguh merupakan pemandangan yang luar biasa. Di sekitar area pantai pun masih sangat asri dengan banyak nya pepohan yang tumbuh besar dan hijau menambah keindahan dari pantai. Tiupan angin yang berderai membuat nyaman wisatawan yang berkunjung.

Sejumlah fasilitas pendukung juga dibuat di pantai ini. Terdapat beberapa gazebo yang langsung menghadap laut sebagai tempat beristirahat bagi wisatawan dan juga disediakan alas tikar dengan memanfaatkan area bawah pohon yang rindang sebagai tempat bersantai. Sejumlah fasilitas wahana dan permainan juga bisa kalian temui di pantai ini. Seperti penyewaaan ban dan permainan banana boat serta permainan air lainnya. Kalian juga bisa bermain bola atau voli di pantai ini.

Bagi kalian yang suka berfoto pemandangan alam atau pun foto dokumentasi pribadi. Pantai ini juga merupakan salah satu tempat yang tepat dikunjungi. Pasalnya pemandangan yang ada di sini bukan hanyalah pantai dan lautnya saja deretan pengunungan hijau juga mengelilingi pantai ini. Jadi kalian bisa berfoto dengan latar belakang yang sangat luar biasa. Sejumlah spot untuk berfoto juga sudah disiapkan oleh pengelola pantai.
Untuk kalian yang tidak membawa makanan dari rumah tidak perlu khawatir. Karena di area pantai terdapat beberapa warung makan yang menyediakan berbagai makanan khas manado yang bisa kalian pesan langsung dan dibuatkan secara fresh. Beberapa pedagang makanan kecil juga terdapat di area pantai ini.

  • berada di Desa Marinsow, Likupang Timur, Minahasa Utara.
  • tiket masuk Rp. 10.000/orang dan biaya parkir kendaraan Rp. 5.000,-

2. Pantai kinunang

Destinasi pantai di sulawesi utara dengan segala ke eksotisannya

Destinasi pantai di sulawesi utara berikutnya yaitu pantai kinunang. Pantai dengan pasir yang putih ini menjadi destinasi pantai yang banyak di kunjungi oleh warga. Dengan air lautnya yang jernih dan berwarna biru, serta area pantai yang juga ditumbuhi pepohonan besar dan hijau. Menjadikan pantai ini tempat yang sempurna untuk bersantai. Dari pantai ini kalian juga bisa melihat pemandangan dari bukit padang rumput yang membentang di sebelah barat dari pantai.

Pantai kinunang juga sudah menyediakan beberapa fasilitas pendukung bagi wisatawan yang datang berkunjung. Yaitu payung payung besar ala pantai yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat beristirahat. Kemudian ada juga penyewaan ban bagi pengunjung yang ingin bermain air, dan juga terdapat penyewaan kapal kecil milik warga yang biasanya digunakan untuk mengelilingi area pantai dan melihat pantai dengan lebih luas lagi.

Sejumlah warung makan juga ada di area pantai, makanan khas manado pastinya sangat mudah kalian jumpai dengan berbagai menu pilihan.
Kalian cukup memesan dan kemudian akan di antarkan di tempat kalian beristirahat kemudian bisa bersantap sambil menikmati pantai yang sangat luar biasa. Spot sunset dari pantai ini juga menjadi tujuan dari wisatawan. Langit yang akan berubah menjadi kemerahan serta deburan ombak pantai yang terus menemani selama memandang matahari yang terbenam di belakang perbukitan.

  • Address: M577+F4F, Pulisan, Likupang Timur, North Minahasa Regency, North Sulawesi, Indonesia

3. Pantai Patokan

Destinasi pantai di sulawesi utara yang mirip dengan wisata alam terkenal

Pantai satu ini disebut mirip dengan salah satu pantai yang berada di thailand. Ke eksotisan pantai ini sudah terasa saat kalian sampai ke pantai ini.
Pemandangan dari pantai ini sungguh sangat luar biasa hamparan pasir putih. Dengan air laut yang jernih berwarna hijau kebiruan dan kedua sisi dari pantai ini diapit oleh dua tebing baru besar yang menjulang tinggi.

Tebing batu yang di tumbuhi sejumlah tanaman liar menambah kesan alami dari pantai ini, bagaimana tidak dengan pemandangan alam yang begitu luar biasanya. Dan diujung dari kedua tebing adalah pemandangan pengunungan hijau.
Sejumlah fasilitas di pantai patokan sudah sangat mendukung, berbagai fasilitas umum seperti toilet dan tempat beristirahat banyak di sediakan di sepanjang area pantai.

Daya tarik lain dari pantai ini adalah keindahan bawah lautnya yang luar biasa. Wisatawan bisa melihat indahnya bawa laut dengan bersnorkeling atau diving yang untuk mencapai lokasinya kalian harus menaiki kapal ke bagian lebih tengah dari pantai. Barulah kalian akan melihat surga bagi para biota laut di sana. Berbagai jenis dan bentuk terumbu karang. Serta tanaman laut sangat baik kalian jumpai, dan juga fauna lautnya seperti ikan hias yang beragam jenisnya dengan warna nya yang khas dan juga hewan laut lainnya.

untuk mencapai pantai ini kalian harus menyebrang menggunakan speed boat dengan memakan waktu perjalanan 15 menit dari pusat kota terdekat.

  • Address: JH98+967, Nuangan, East Bolaang Mongondow Regency, North Sulawesi, Indonesia

4. Pulau Tiga Maelang

pulau yang menjadi destinasi pantai di sulawesi utara

Merupakan sebuah pulau di tengah peraian manado yang menjadi destinasi pantai di sulawesi utara yang sangat eksotis dengan hamparan pepohonan hutan liar dan dikelilingi oleh pasir putih di sekitarnya. Untuk mencapai pulau ini kalian harus menyebrang dengan kapal dengan waktu 1 jam. Dan apabila menggunakan jalur darat membutuhkan waktu sekitar 4 jam. Namun setelah sampai di pulau ini seluruh perjuangan kalian akan terbayrkan dan kalian akan terkagum dengan apa yang kalian lihat di pulau ini.

Sejumlah hamparan pasir yang sangat putih dan memantulkan cahaya matahari dengan latar belakang hutan hijau yang sangat lebat dan masih alami. Kalian akan terhipnotis dengan indahnya alam di sulawesi utara. Fasilitas juga cukup memadai di pulai ini terdapat sejumlah warung namun memang bukan warung yang komplit, karena mereka tidak menetap di pulau itu.

Selain dari eksotisnya pantai, pemandangan bawah lautnya pun sangat mempesona. Wisatawan cukup berjalan sedikit dari pinggir pantai kemudian kalian sudah bisa melihat indah nya kehidupan bawah laut dari pulau tiga maelang. Dengan terumbu karang yang asri dan ikan hias yang bermain di antara karang. Gelombang air yang tenang juga membuat wisatawan betah untk bersnorkeling lama di pulau satu ini.

  • berada di Desa Maelang, Kecamatan Sangtombolang, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Provinsi Sulut.

Mungkin tertarik membaca : Destinasi Pantai Gorontalo

Itulah rekomendasi dari destinasi pantai yang ada di sulawesi utara. Masih banyak wisata lain yang bisa di ulas dari sulawesi utara karena merupakan provinsi yang kaya akan potensi alamnya.