Destinasi Pantai kalimantan barat

Dengan sejumlah potensi destinasi pantai di kalimantan barat memanglah sangat wajib di datangi karena keindahan pantai yang sulit di dapatkan di pantai mana pun.

destinasi pantai di kalimantan barat

Kalimantan Barat Merupakan bagian barat dari pulai kalimantan dengan pusat pemerintahannya yaitu kota Pontianak. Kalimantan mempunyai sejumlah potensi luar biasa baik dari sumber daya manusianya hingga pesona alammnya yang memiliki segudang potensi untuk di promosikan ke masyarakat luas bahkan bisa menembus ke wisatawan mancanegara.

Salah satu pesona alam dari Kalimantan barat yaitu Destinasi pantai nya yang sangat luar biasa. Dengan berbagai fasilitas pendukung baik dari pemerintahan setempat maupun pengelolaan pribadi yang di lakukan oleh warga setempat. Menjadikan destinasi pantai di kalimantan barat semakin meningkat dengan jumlah wisatawan yang terus bertambah pula setiap tahunnya.

Pada pembahasan kali ini destinasi pantai akan merangkum sejumlah destinasi pantai di kalimantan barat yang wajib kamu kunjungi dan bisa di jadikan sebagai persiapan awal sebelum berwisata ke tujuan.

Destinasi pantai di kalimantan barat

1. Pantai tanjung bajau

destinasi pantai di kalimantan barat tanjung bajau

Destinasi pantai di kalimantan barat yang pertama kita bahas yaitu pantai tanjung bajau.
Pantai yang terkenal akan pemandangannya yang luar biasa serta fasilitas publik yang sangat memadai. Menjadikan mall ini selalu ramai akan wisatawan baik dari wisatawan lokal maupun wisata mancanegara.

Sejumlah fasilitas pendukung yang terdapat di pantai tanjung bajau adalah, adanya jembatan panjang yang di bangun di atas pantai dengan beberapa pondok kecil di atasnya. Biasanya dimanfaatkan sebagai spot foto bagi para wisatawan. Dengan latar belakang pantai tentunya foto yang dihasilkan akan sangat berkesan.

Fasilitas lainnya yaitu banyak nya patung patung besar yang dibangun di tempat ini. Kebanyakan patung berada di area taman yang juga di bangun oleh pemerintah setempat sebagai tempat untuk ber jalan jalan. Terdapat pula wahana lainnya yang sangat mendukung wisata ini, diantaranya yaitu biang lala super besar dengan warna yang cerah dan komedi putar serasa seperti berada di pasar malam.

Kembali ke bagian pantainya, destinasi pantai di kalimantan barat ini mempunyai pasir yang berwarna coklat namun halus dan juga membentang luas di sepanjang pantai. Air lautnnya pun cenderung berwarna kehijauan akibat dari banyaknya alga yang ada di pantai ini. Sejumlah wahana air juga bisa kalian termui seperti banana boat, ufo boat dan masih banyak lagi.

  • Address: VV5R+HMP, Sedau, Singkawang Selatan, Singkawang City, West Kalimantan 79163, Indonesia

2. mimi land batu payung

destinasi pantai di kalimantan barat

Destinasi pantai di kalimantan barat dengan sunset yang indah

Destinasi pantai di kalimantan barat selanjutnya yaitu mimi land batu payung. Pantai yang sangat eksotis satu ini kerap menjadi tujuan wisata bagi masyarakat sekitar. Dengan pasir pantai nya yang putih bersih serta air laut yang jernih. Ditemani dengan ombak air laut yang tenang menjadikan pantai ini tempat yang sempurna bagi kalian pencinta pantai yang suka berenang. Sejumlah fasilitas juga sudah di bangun dengan sangat rapi di destinasi pantai satu ini.

Akses jalan menuju pantai sudah di bangun dengan sangat baik, sejumlah toilet umum pun di sediakan di beberapa titik area pantai, untuk tempat beristirahat sudah di sediakan pondok pondok yang menghadap langsung ke pantai. Dan yang paling di cari oleh wisatawan yang datang ke pantai ini adalah suasana pesona alam saat akan terbenamnya matahari di sore hari.

Banyak wisatawan yang sengaja datang hanya untuk menyaksikan langsung sunset dari pantai ini. Langit yang berubah menjadi warna orange kemerahan pun menambah momen bersantai di pantai yang sempurna. Saat malam hari pun kawasan pantai ini tidak akan gelap gulita. sepanjang area pantai sudah disipakan lampu lampu hias yang siap menerangi pantai. Saat malam hari kalian bisa menikmati kuliner yang terdapat di restoran restoran seafood yang baru buka pada saat malam hari.

3. pantai batu nenek

destinasi pantai di kalimantan barat pantai baru nenek

Destinasi pantai di kalimantan barat satu ini cukup unik dan berbeda dari pantai lainnya. Ya pantai batu nenek. Merupakan pantai dengan sejumlah bebatuan di pinggir pantainya. Mulai dari yang ukuran kecil hingga ukuran yang sangat besar bisa kalian temui di sini. Bukannya menjadi penghalang atau pengganggu namun sebaliknya. Justru batu batu ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Baca Juga : Destinasi Pantai Kalimantan Utara

Banyak yang sekedar duduik bersantai di atas batu sambil menikmati keindahan pantai. Ada juga yang berswafoto dengan berbagai angle foto dan kreatifitas saat berfoto.. karakter pasir yang cenderung berwana coklat muda semakin memanjakan mata wisatawan yang hadir di sini. Air laut yang cukup jernih dan juga berwarna biru banyak di senangi masyarakat kalian bisa melihat langsung dasar laut dari pantai ini hanya dengan berdiri diatas batu.

Belum banyak fasilitas yang tersedia di pantai ini, karena lokasi nya yang lumayan terpencil. Jadi bagi kamu yang ingin berkunjung ke pantai ini disarakan untuk membawa perlengkapan yang lebih komplit yha. Sensasi melihat langit merah saat sunset juga sangat diburu di pantai satu ini. Bagaimana tidak kalian bisa menyaksikan momen sunset yang luar biasa hanya dengan duduk di atas batu dan bersantai.

4. pantai kijing

Destinasi pantai satu ini sangatlah luar biasa kondisi alamnya. Bentangan pasir putih halus di sepanjang pantai serta air laut jernih yang benar benar tidak berombak sangat mengesankan apabila datang ke pantai ini. Hamparan pepohonan kelapa yang hijau pun. Tumbuh dengan rapi dan berjejer di sepanjang pantai. Pohon kelapa tersebut sepertinya milik warga sekitar yang sengaja ditanam dan diambil buahnya sebagai mata pencaharian tambahan bagi warga. Di karenakan susunan dari pohon kelapa di pantai ini yang sangat rapi dan berjejer menbentuk sebuah garis.

Sejumlah fasilitas sudah Dibangun di pantai ini mulai dari akses jalan yang rapi, transportasi umum yang mengarah ke pantai, toilet umum yang tersebar di beberapa area, hingga tiket masuk yang masih sangat terjangkau. Sejumlah warung kecil juga di bangun oleh warga sebagai tempat untuk berjualan makanan kepada wisatawan yang datang berkunjung.

Baca Juga : Destinasi Pantai Sulawesi Utara

5. Pantai kura kura

Destinasi pantai di kalimantan barat yang terakhir kita bahas yaitu pantai kura kura. Merupakan pantai yang sangat aktif dan tidak pernah sepi wisatawan. Pasir pantai yang halus membuat wisatawan betah berlama lama di pantai ini. Sejumlah kegiatan juga bisa kalian lakukan di tempat ini seperti berenang, snorkeling, naik wahana banana boat, menyewa jetsky atau menyewa kapal warga lokal untung berkeliling lebih jauh lagi.

Disebut sebagai pantai kura kura karena pantai merupakan sarang bagi penyu yang pada saat bulan bulan tertentu penyu penyu akan naik ke permukaan pantai dan membuat sarang di pantai ini. Sarang ini nanti nya akan di data dan di pantau terus oleh dinas terkait. Sampai nanti nya akan menetas dan di lepaskan kembali ke laut lepas.

Kalian yang mengunjungi pantai ini juga bisa melihat aktifitas dari nelayan setempat yang kebanyakan mencari ikan di laut lepas. Kalau memang mau membeli langsung hasil tangkapan para nelayan. Mereka juga akan menjual nya karena agar tidak perlu di pilih lagi untuk dijual ke pasar.

Beberapa pembahasan di atas adalah sebagian kecil dari destinasi pantai yang ada di kalimantan barat. Masih sangat banyak potensi dari kaliamntan barat yang harus di gali lagi potensinya dan di promosikan ke luar kalimantan agar bisa menarik lebih banyak wisatawan untuk berlibur.