Destinasi Pantai Kalimantan Selatan

Destinasi pantai di kalimantan selatan memang tidak ada habisnya khususnya destinasi pantai di kalimantan yang hadir dengan sejumlah potensi besarnya.

destinasi pantai di kalimantan selatan

Kalimantan surganya hewan dan hutan di indonesia bahkan menjadi salah satu wilayah yang disebut sebagai jantung dunia karena lebatnya hutan yang alami dan menghasilkan oksigen yang membantu menjaga suhu dunia. Kalimantan sendiri memang sangat menghargai suku dan budaya satu sama lain dan juga sangat menjaga keasrian dari hutan dan juga menghormati hewan hewan yang hidup di sana. Masyarakat percaya dengan hidup berdampingan dengan alam yang baik akan mempermudah hidup mereka pula. Seperti bertani akan subur bisa mencari makanan yang berlimpah di dalam hutan dan lain sebagainya.

Kalimatan sendiri pun mempunyai wisata bahari yang luar biasa beberapa taman laut juga terdapat di kalimatan. Sejumlah sungai sungai besar yang masih asri bahkan juga terdapat buaya nya juga ada di kalimantan. Wisata bahari yang menyimpan potensi besar salah satunya yaitu pantai di kalimanta. Disetiap wilayah kalimantan mempunyai keuniakan dan potensi dari masing masing destinasi pantai.

Pada kesempatan berikut ini Destinasipantai akan membahas dan merangkum sejumlah informasi destinasi pantai di kalimantan selatan beserta dengan potensinya yang besar agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Destinasi pantai di kalimantan selatan

1. Pantai pagatan

Destinasi pantai di kalimantan selatan yang pertama kita bahas yaitu pantai pagatan. Pantai yang menjadi destinasi favorit bagi warga setempat dan banyak pula dikungjungi oleh wisatawan dari luar daerah. Pantai ini memilik pasir putih yang membentang sejauh 200 meter dengan karakternya yang halus dan juga bersih. Air lautnya pun sangat jernih dengan ombak pantai yang kecil. Pantai ini kerap menjadi tempat bermain bagi sejumlah wisatawan. Sejumlah fasilitas sudah di bangun di pantai ini mulai dari tempat beristirahat untuk wisatawan yang sangat nyaman, toilet umum di beberapa titik di pantai, restoran dan warung kecil yang tersebar di pantai, hingga penjaga pantai yang akan memantau disekitar pantai.

Beberapa kegiatan bisa di lakukan di pantai ini, berenang, sepak bola, voli pantai, bermain pasir dan masih banyak lagi. Sejumlah wahana juga bisa di mainkan pantai pagatan seperti banana boat dan jet sky. Setiap tahun tepatnya di bulan april pantai ini akan dipenuhi oleh lautan pengunjung pantai karena selalu di adakan festival di pantai ini yang disebut Mappanre. Mappanre merupakan festival lokal dari masyarakat akan terdapat banyak kegiatan di pantai ini. Seperti kapal kapal nelayan akan berkumpul di pinggir pantai dengan hiasan nya masing masing. Festival ini di adakan sebagai rasa sujud syukur para nelayan karena sudah di berikan keberkahan dan keselamatan selama mereka melaut. Kemudian ada juga pasar malam dengan sejumlah permainan nya di kawasan pantai. Dan juga pusat kuliner yang banyak sekali tenant nya dengan menghadirkan sejumlah makanan hingga makanan khas kalimantan.

2. Pantai Takisung

destinasi pantai di kalimantan selatanPantai takisun

destinasi pantai di kalimantan selatan dengan wisatawan yang ramai

Pantai takisung merupakan salah satu pantai yang juga ramai sebagai destinasi pantai di kalimantan selatan. Area pantai tidak terlalu luas namun area dari pasir pantai yang berwarna kecoklatan membentang sangat luas di seluruh area pantai. Jadi para wisatawan bisa dengan santai menikmati suasana pantai dengan duduk di pasir yang membentang luas.

Kebanyakan wisatawan yang datang berkunjung ke pantai pasti membawa sendiri payung pantai mereka dan juga membawa alas tikar agar langsung bisa di pasang dan di gelar di pinggir pantai. Saat hari libur yang panjang pantai ini akan dipenuhi oleh lautan masyarakat pantai ini sudah menjadi seperti satu satu ny destinasi pantai di kalimantan selatan.

Sejumlah wahana juga disediakan lengkap disini. Seperti wahana banana boat, penyewaan Ban pantai, penyewaan perahu karet dengan dayung, dan masih banyak lagi. Selain itu wisatawan juga boleh mendirikan tenda di tempat ini asalkan didirikan di tempat yang sudah di sediakan dan dipastikan aman dari pasang surut air.

Dari pantai ini kamu juga bisa melihat aktifitas dari para nelayan yang sedang mencari ikan di tengah laut. Kalian akan melihat sejumlah kapal dengan spot mencari ikannya masing masing. Daya tarik dari pantai lainnya yaitu momen sunset di pantai ini, bahkan ada beberapa pengunjung sengaja datang hanya untuk melihat sunset. Langit yang membentang luas dengan gradasi dari laut akan menjadi pemandangan sempurna bagi siapa saja yang melihat.

3. Pantai Gedambaan

destinasi pantai di kalimantan selatanpantai gedambaan

Destinasi pantai di kalimantan selatan tereksotis

Destinasi pantai berikutnya yaitu pantai gedambaan pantai eksotis satu ini sangat menjadi primadona bagi masyarakat. Pantai pasir putih dengan tekstur yang halus serta air jernih yang berwarna kehijauan. Itulah yang pertama kalian lihat begitu kalian sampai di destinasi wisata ini. Sejumlah pepohonan hijau tumbuh subur dan lebat di sepanjang pinggiran pantai menambah kesejukan. Ditambah lagi tempat santai seperti kursi pantai lengkap dengan meja dan payung yang sangat nyaman untuk menikmati suasana pantai yang luar biasa.

Sejumlah fasilitas di pantai ini juga sangat lengkap seperti restoran di area pantai dengan sejumlah menu olahan lautnya yang sangat lezat. Kemudian penjaga pantai yang aktif menjaga wisatawan yang bermain di pantai, Wahana pantai seperti banana boat dan jetsky. Kemudian pengelola pantai juga membuat sejumlah spot untuk berfoto bagi wisatawan.

Di dalam pepohonan cemara yang tumbuh subur pengelola membangun sebuah jalur untuk berjalan kaki dan menjadi spot berfoto yang bagus pula. Dan juga di bangun sejumlah logo di beberapa titik di pantai dengan tulisan khas pantai. deburan ombak pantai yang tenang juga sangat aman bagi wisatawan yang ingin bermain air dan berenang. Pengunjung tidak perlu khawatir akan terseret ombak atau semacamnya. Di bantu pula dengan penjaga yang selalu sigap mengawasi wisatawan.

4. Pantai Asmara

destinasi pantai di kalimantan selatanPantai Asmara

Baca Juga : Destinasi Pantai kalimantan barat

Pantai asmara merupakan salah satu destinasi pantai di kalimatan selatan yang sangat luas. Namun karakteristik pasir yang kecoklatan dan juga air yang keruh yang ada di pantai satu ini. Tentu hal itu tidak menjadi soal bagi wisatawan lokal, pantai ini tetap saja ramai akan pengunjung setiap weekendnya. Sejumlah penunjang pantai di bangun seperti jembatan dari kayu yang memanjang hingga ke tengah pantai di buat dengan warna yang menarik serta terdapat sebuah pondok di ujung nya yang bertuliskan pantai asmara. Biasanya tempat ini menjadi spot favorit bagi masyarakat untuk berfoto bersama.

Sejumlah monumen batu juga di bangun dengan warna yang menarik dan juga tulisan khas pantai nya. Sejumlah pengunjung juga bisa bermain wahana di pantai ini tersedia banana boat atau penyewaan kapal warga lokal untuk berjalan jalan mengelilingi pantai. Momen sunset di pantai ini juga tidak kalah menakjubkannya. Hamparan pasir yang sangat luas dan merahnya langit sore hari membuat suasana pantai ini menjadi hangat dan tenang. Pengunjung memanfaatkan momen ini dengan berfoto foto dan mengabadikan setiap momen berharga ini.

Berikut adalah beberapa pembahasan destinasi pantai di kalimantan selatan dengan sejumlah potensinya. Dan juga pantai yang tentunya menjadi kebangaan bagi warga masyarakat di kalimatan selatan.