Nusa Tenggara Barat

Wisata bahari atau pantai di nusa tenggara barat masih menyimpan potensi yang sangat besar. Dan kerap menjadi destinasi pantai luar biasa dan banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai negara.

Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu provinsi di indonesia yang mempunyai kekayaan alam yang sangat luar biasan dan jarang bisa ditemukan di tempat lain di indonesia. Provinsi Nusa Tenggara Barat Juga mempunyai masyarakat dengan budaya dan sosial yang tinggi. Serta sangat menjaga kondisi alam dan budaya nya dengan sangat baik dan terus dilestarikan hingga saat ini. Nusa tenggara barat menjadi salah satu provinsi di indonesia yang sangat banyak di kunjungi oleh wisatawan domestik indonesia maupun wisatawan mancanegara. Karena kekayaan alam yang dimiliki dengan potensi yang sangat luar biasa serta pengelolaan yang baik dengan fasilitas yang sangat mendukung.

Nusa tenggara barat memang tidak pernah kehabisan akan pesona nya apalagi untuk pesona baharinya. Jajaran pantai indah sangat banyak terdapat di Provinsi satu ini. Seperti pada pembahasan yang lalu. Pada kesempatan kali ini pun destinasi pantai masih akan mengulas seputar pantai di NTB yang masih sangat banyak yang belum di eksplor. Pantai di Nusa tenggara barat mempunyai pesona yang sangat luar biasa dan berapa kalipun dikunjungi oleh wisatawan. Pasti akan tetap mendapatkan feel yang luar biasa apabila melihat panorama pantainya.

Pembahasan pantai kali ini akan bergeser dari pembahasan pantai yang kemarin. Pada kesempatan kali ini akan membahas sejumlah pantai dengan panorama yang lebih luar biasa lagi dengan kearifan lokal yang lebih kental serta tidak ketinggalan kekayaan alam yang luar biasa yang dimiliki pantai di nusa tenggara barat.

Pantai indah di Nusa Tenggara Barat

1. Pantai Senggigi

pantai senggigi nusa tenggara barat

Satu lagi kekayaan alam di nusa tenggara barat yang sangat mempesona yaitu pantai senggigi. Pantai dengan perpaduan alam yang sangat sempurna karena terdapat semuanya di satu tempat. Perbukitan, lautan, pantai, Hutan bisa kalian lihat dalam satu wilayah. Lokasi pantai yang dekat dengan pusat kota mataram menjadikan tempat ini sebagai salah satu destinasi wisata pantai favorit bagi masyarakat nusa tenggara barat hingga wisatawan mancanegara. Letaknya berada di kecamatan batu layar, kabupaten lombok barat, NTB. Jaraknya hanya 14 kilometer saja dari pusat kota mataram dan dapat ditempuh dengan waktu 20-30 menit saja.

Sangat banyak sekali wisatawan yang datang mengunjungi pantai ini. Dengan area pantai yang memiliki pasir pantai putih yang membentang di sepanjang garis pantai. Saat berada di pantai ini kalian bisa menjumpai berbagai pedagang yang menjual pernak pernik ataupun souvernir khas dari nusa tenggara barat. Disediakan pula berbagai tempat untuk beristirahat di pantai ini. Kalian bisa menemukan sejumlah gazebo dan juga tempat tempat duduk yang disediakan dari bagian resort yang ada di dekat pantai senggigi.

Fasilitas pantai lainnya yaitu wahana permainan yang cukup banyak seperti banana boat, penyewaan kayak , penyewaan papan selancar. Dan kalian juga bisa menyewa kapal dari warga lokal untuk mengelilingi area pantai dengan kapal tradisional namun sudah menggunakan mesin. Penyewaan jet ski juga bisa kalian temui di pantai ini lengkap dengan instrukturnya apabila kalian belum mahir mengendarai.

Pantai di nusa tenggara barat dengan sunset yang indah

Selain itu yang menjadi daya tarik utama dari pantai ini yaitu menunggu momen sunset. Banyak pengunjung sengaja berkunjung saat sore hari atau menunggu hingga moment sunset di pantai ini. Karena panorama yang menawan yang terjadi benar benar menghipnotis siapa saja yang melihat langsung moment ini. Terbenamnya matahari di arah barat di ikuti dengan warna langit yang berubah dengan gradasi warna sedikit kebiruan namun dengan warna orange kemerahan yang mulai mendominasi. Menjadikan moment ini tidak terlupakan dan juga moment yang tepat untuk mengambil foto sebagai kenangan tak terlupakan dari pantai ini.

2. Gili Nanggu

Pantai di Nusa Tenggara baratGili nanggu

Nusa tenggara barat memang tidak ada habis nya memberikan panoraman indah untuk dinikmati. Bagaikan surga yang tersembunyi berikut ini adalah salah satu pulau di nusa tenggara barat dengan kekayaan alam dan keindahaan alam bawah lautnya yang sangat luar biasa yaitu gili Nanggu. Merupakan salah satu pulau kecil di antara banyaknya pulau. Yang memiliki alam yang sangat luar biasa dengan panorama yang membuat mata tak ingin berkedip saat memandang tempat ini.

Bahkan sebelum sampai di pantai ini kalian sudah bisa melihat sekilas indahnya bawah laut di kawasan pulau nanggu karena airnya yang sangat jernih berwarna hijau kebiruan. Saat sampai di pulau kalian akan disambut dengan pasir pantai yang sangat halus dengan pasir yang sangat putih. Dan area pantai yang bersih serta masih sangat asri dan jarang terjamah oleh manusia. Memang pantai ini bukan merupakan pantai yang bisa ditempati jadi pengunjung harus melakukan perjalanan pulang pergi dari pantai ini.

Salah satu pulau terindah di nusa tenggara barat

Namun untuk fasilitas kecil seperti tempat beristirahat gazebo dan pondok pondok kecil sudah tersedia di tempat ini. Terdapat pula tempat penyewaan perlengkapan snorkeling dan juga wahana air lainnya. Saat sampai di pantai ini kalian pasti langsung tidak sabar ingin menceburkan diri ke pantai yang sangat bersih dan jernih. Ombak pantai yang sangat tenang pun menjadikan tempat ini sangat aman untuk berenang. Bersnorkeling bisa menjadi salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan. Kalian hanya perlu berenang sedikit ke tengah lalu kalian anak menikmati suguhan alam bawah laut yang sangat luar biasa. Berbagai jenis terumbu karang bisa kalian lihat dengan kehidupan ikan ikan hias yang berwarna warni serta hewan laut lainnya.

Tidak ketinggalan juga pantai ini menjadi salah satu spot diving para pecinta aktivitas diving yang menjelajah kedalaman laut yang indah. Saat kalian sudah puas bermain air dan kegiatan lainnya paling pas untuk beristirahat sambil menikmati sunset dari pulau ini. Cahaya matahari yang perlahan meredup dengan warna langit yang ikut berubah. Serta memantul lewat jernihnya air laut sungguh merupakan moment yang tidak terlupakan bagi siapa saja. kemudian pula rute untuk mencapai pulau ini tidak lah terlalu susah.

Baca Juga : Pantai Nusa Tenggara

Apabila kalian datang dari pusat kota mataram kalian bisa melalui pelabuhan lembar dan memakan waktu perjalanan sekitar 30 – 45 menit dari kota mataram menuju pelabuhan. Kemudian dilanjutkan dengan Menyebrang dengan menggunakan spead boat lagi. Dengan perjalanan kurang lebih 40 menit dengan tarif 350.000 rupiah untuk kapasitas 10-15 penumpang yang bisa disewa secara ber ramai ramai.

Itulah sedikit pembahasan mengenai wisata pantai di nusa tenggara barat yang pesona nya seakan tidak akan pernah habis. Dan terus memberikan kejutan kepada siapa pun yang datang mengunjungi. Dengan potensi pantai yang sangat luar biasa serta pengelolaan pantai pun sangat baik menjadikan pantai di nusa tenggara barat sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Dibantu juga dengan kerjasama yang baik dari pemerintahan setempat yang membangun sejumlah fasilitas pendukung yang sangat memudahkan wisatawan untuk mengunjungi nusa tenggara barat.