Pantai Nusa Tenggara Timur

Wisata pantai di nusa tenggara timur merupakan salah satu yang terbaik dari sekian banyak pantai di indonesia dan menjadi pilihan yang tepat bagi kalian yang ingin menikmati pantai dengan kondisi alam yang masih asri dan terjaga kelestariannya.

Wisata Terbaik Nusa tenggara timur

Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu provinsi di timur indonesia yang sangat kaya akan sumber daya alamnya. Dengan kondisi alam yang terjaga dengan baik serta kesadaran masyarakat tentang merusak alam pun sangat tinggi sehingga menjadikan provinsi ini memiliki keindahan alam yang tidak ada habisnya. Kekayaan alam di nusa tenggara timur tentu memiliki potensi yang sangat besar, terbukti dengan banyak nya wisatawan atau turis yang terus berdatangan setiap tahunnya. Baik turis domestik dari berbagai daerah di indonesia hingga wisatawan dari mancanegara.

Nusa tenggara timur juga memiliki kebudayaan yang masih terus dilestarikan hingga kini. Tak jarang dari kebudayaan tersebut juga menarik banyak wisatawan dari luar daerah yang ingin mengetahui secara langsung tentang kebudayaan di nusa tenggara timur. Wisata alam unggulan dari nusa tenggara timur salah satunya yaitu wisata alam baharinya berupa pantai pantai yang sangat indah dan cantik. Dengan pesona alam yang masih sangat asri serta lingkungan yang sangat terjaga.

Pantai pantai di nusa tenggara timur cenderung memiliki pasir pantai yang putih dengan didominasi air laut yang jernih pula. Hanya saja beberapa dari pantai di nusa tenggara timur masih sulit untuk di jangkau. Dengan akses yang cukup terbatas. Namun itulah yang menjadi alam di sekitar pantainya sangat terjaga dengan baik dan minim dari pengerusakan oleh oknum pengunjung tidak bertanggung jawab.

Pada kesempatan kali ini destinasi pantai akan mengajak kalian untuk berwisata di pantai nusa tenggara timur yang cukup populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara dengan pesona alam yang luar biasa. Destinasi pantai akan mencoba merangkum beberapa pantai yang indah nan cantik untuk kalian baca dan nikmati. Untuk itu ikutin artikel ini dan dibaca sampai habis ya.

Pantai di Nusa Tenggara Timur

1. Pulau Taka Makasar

pantai di nusa tenggara timurPulau taka makasar

Destinasi pantai di nusa tenggara timur yang pertama kita bahas yaitu pulau taka makasar dengan pantai yang sangat amat eksotis dan luar biasa. Bagi kalian yang mengunjungi pulau ini pasti akan langsung terpana begitu sampai di kawasan pulau. Pemandangan lautan jernih berwarna biru yang membentang sangat luas serta kebersihan air yang sangat luar biasa. Seperti seolah sedang tidak berada di dunia nyata. Benar benar sebuah karya dari sang pencipta yang sangat luar biasa dengan keindahan alamnya.

Pulau taka ini adalah seperti sebuah gundukan pasir yang akan tampak sangat jelas saat air laut sedang surut. Namun saat air sedang tinggi pun kalian tetap bisa melihat pulau ini namun dengan skala yang mengecil. Walaupun tetap bisa menginjak pasir pantai yang tertutupi air laut. Yang terlihat dari pantai ini adalah hamparan lautan yang sangat luas serta berwarna kebiruan. Dengan terpaan angin lembut yang cukup kencang, terdapat pula pegunungan dan perbukitan yang bisa terlihat dari pulau ini.

Aktivitas yang bisa kalian lakukan di pulau ini utamanya adalah berenang di air yang sangat jernih. Dengan ombak laut yang sangat tenang, menjadikan area ini sangat aman untuk berenang bebas. Kalian juga bisa menangkap ikan ikan kecil yang berada di sekitar pantai. Dan bagi kalian yang membawa perlengkapan snorkeling. Pulau taka merupakan salah satu spot yang sangat sempurna untuk melakukan kegiatan snorkeling. Kalian bisa berenang bebas hingga sedikit ke tengah lalu akan mulai terlihat kehidupan bawah laut di pulau taka dengan berbagai macam terumbu karang yang cantik yang beragam jenis nya. Serta ditemani pula dengan ikan ikan hias berwarna warni yang hidup berdampingan. Kemudian kalian juga bisa berjemur bila ingin. Dan untuk aktifitas diving, kalian harus ditemani oleh instruktur dan menggunakan kapal speed lagi untuk mencapai spot yang di tujuh.

Wisata pantai nusa tenggara timur memiliki air yang sangat jernih

2. Pantai Nihiwatu

Pantai nihiwatu di nusa tenggara timur

Destinasi pantai di nusa tenggara timur yang berikutnya yaitu pantai nihiwatu. Pantai ini memiliki kualitas air yang sangat jernih bahkan seperti transparan yang dimana kalian bisa melihat dengan jelas dasaran laut yang indah dengan beberapa terumbu karang yang ada di dalamnya. Bisa dipastikan saat kalian sampai di tempat ini pasti kalian akan buru buru ingin langsung menceburkan diri dan menikmati air laut yang segar nan jernih. Untuk fasilitas dari pantai ini sendiri cukup lengkap dengan berbagai fasilitas umum yang baik seperti gazebo untuk beristirahat. Kemudian toielt umum dari warung warung yang ada di sekitar pantai. Bagi kalian yang kelaparan bisa memesan makanan dari warung warung sekitar yang menyajikan makanan makanan khas nusa tenggara timur yang lezat. Sejumlah wahana permainan air juga bisa kalian temui di pantai ini. Seperti speed boat dan juga banana boat, jet ski, Dan apabila ingin berkeliling pantai dengan tenang bisa menyewa perahu lokal dari warga setempat.

Bagi kalian yang merasa tidak cukup jika hanya menghabiskan waktu sehari di pantai ini. Kalian bisa menyewa penginapan di resort resort terdekat yang memiliki fasilitas tak kalah baik. Sejumlah resortt di pantai nihiwatu nusa tenggara timur menawarkan kamar yang nyaman dengan kolam renang utama yang menghadap langsung ke pantai dan laut. Terdapat pula tempat untuk bersantai dan duduk menikmati makanan dengan posisi yang menghadap ke laut pula.

Disepanjang pinggiran pantai nihiwatu kalian bisa melihat hijaunya pepohonan yang tumbuh subur mengelilingi pantai yang sangat menambah kesejukan dari pantai itu sendiri. Dan juga kerap di manfaatkan sebagai tempat untuk beristirahat dan juga berpiknik bersama keluarga.

3. Riung 17 island Marine Park

pantai di nusa tenggara timurtaman nasional riung 17

Salah satu taman nasional terbaik berada di nusa tenggara timur

Destinasi pantai di nusa tenggara timur yang berikutnya yaitu Riung 17 island marine park. Pantai ini merupakan bagian dari Taman Nasional riung 17 yang merupakan salah satu taman nasional terbaik di Indonesia. Tempat ini sangat cocok bagi kalian yang mencari ketenangan dan berlibur dengan santai tanpa banyak pengunjung lain. Taman nasional riung 17 nusa tenggara timur mungkin cukup jarang kalian dengar, Namun bagian dari taman nasional ini tentunya akan membuat kalian teringat yaitu wisata pulau komodo.

Di tempat ini kalian bisa menikmati pemandangan alam yang sangat luar biasa dengan panorama yang menakjubkan. Dan menjadi salah satu objek wisata andalan dari nusa tenggara timur. Pemandangan luar biasa yang bisa terlihat yaitu gugusan pulau pulau kecil yang sangat menarik untuk dikunjungi. Hal ini menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik maupun wisatawan dari mancanegara yang ingin menikmati langsung indah nya alam nusa tenggara timur.

Sesuai dengan namanya, Taman Nasional ini memiliki deretan 17 pulau yang tersebar di sekitar wilayah riung 17. Terlebih lagi objek wisata ini pun tidak memberlakukan jam berkunjung di tempat ini. Sehingga wisatawan bisa berkunjung kapan pun dan tidak ada biaya tiekt masuk yang harus di bayarkan pula. Berbagai aktifitas yang bisa di lakukan di riung 17 yaitu :

  • Menyelam, Bagi kalian yang senang dengan kegiatan diving dan memiliki license yang lengkap. Kalian bisa mengunjungi beberapa spot terbaik di pulau ini dengan menyewa kapal dari warga lokal. Dan kalian akan menikmati indahnya kehidupan bawah laut taman nasional riung17 yang di dalamnya terdapat terumbu karang dengan berbagai jenis. Dan juga ikan ikan dan biota laut lainnya yang sangat beragam.
  • Menikmati sajian laut, Ya setelah cukup lelah dan menguras energi dengan berbagai aktifitas. Kalian bisa mengisi perut dan energi kalian kembali dengan menikmati berbagai olahan dari hasil laut yang sangat fresh dengan citarasa lokal yang nikmat dan lezat.

Baca juga : Nusa Tenggara Barat

Yang Terakhir yaitu apabila kalian ingin menginap di pulai ini, Kalian bisa memilih beberapa homestay di sini. Namun memang sangat terbatas karena pengunjung yang tidak terlalu ramai. Sehingga penyediaan home stay pun sangat terbatas di pulau ini. Home stay yang tersedia cukup nyaman dan cukup dipakai untuk sekeluarga dengan anggota keluarga 2 orang atau lebih.

Itulah beberapa pembahasan seputar pantai di nusa tenggara timur yang sangat luar biasa dengan keindahan alam yang masih sangat terjaga dan asri. Serta budaya masyarakatnya yang masih kental dan terbuka dengan para wisatawan yang datang mengunjungi nusa tenggara timur.